Minggu, 07 April 2013

PEREKONOMIAN DI INDONESIA PADA SAAT INI





Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2013 lebih baik bila dibandingkan tahun 2012. Hatta mengatakan itu saat ditemui di Gedung Bank Indonesia Jakarta
"Tahun 2013 kita tumbuh lebih baik dari 2012. 2013 sepertinya akan membaik keadaan komoditi juga membaik. Kuartal ke 3 akan membaik," klaim Hatta.
Apa yang membuat Hatta beryakinan ekonomi Indonesia 2013 bisa lebih baik dari tahun 2012? Hatta memandang data BKPM yang meyakini akan ada arus investasi yang jauh lebih kuat pada tahun 2013. Selain itu tumbuhnya industri manufaktur dan konsumsi domestik yang tinggi.
"Iklim Investasi menurut BKPM tahun 2013 mencapai Rp 390 triliun jauh lebih tinggi bila dibandingkan tahun 2012 sebesar Rp 280 triliun. Manufaktur juga tumbuh cukup baik menurut Menteri Perindustrian tumbuh 7%. Konsumsi kita cukup kuat jadi ini menjadi mesin utama kita. Semua faktor harus kita dukung jadi cukup tinggi," tuturnya.

Walaupun begitu, Hatta mewanti-wanti agar Indonesia tetap menjaga iklim yang kondusif ini. Permasalah yang terkait mengenai ketenagakerjaan dan upah dinilai sebagai faktor yang harus diselesaikan.
"Walaupun begitu kita katakan kehatian-hatian harus kita jaga. Sektor perbankan tumbuh cukup bagus, iklim usaha juga baik dan neraca pembayaran kita masih positif walaupun harus kita lihat ada tekanan. Semua faktor (tenaga kerja dan upah) harus diperhatikan dan diselesaikan," tandasnya.   



Analisis :

Menurut saya, perekonomian di indonesia sudah lebih baik dan sebaiknya perekonomian di indonesia lebih berkembang lagi setiap tahunnya.
Warga indonesia harus lebih banyak memilih berinvestasi agar perekonomian di indonesia makin lama makin berkembang. Untuk ke tenaga kerjaan orang yang mencari kerja atau mengangur sebaiknya tidak bergantung kepada pekerjaan yang ada sebaiknya berwirausaha karna secara tidak langsung membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Penyelesaian masalah:
- Meningkatkan kesempatan kerja, agar penganguran setiap tahunnya tidak terus meningkat
- Menstabilkan situasi perekonomian
- Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
- Menyeimbangkan neraca pembayaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar